Proudly Lasallian
UNIKA De La Salle Manado Menerima Mahasiswa Baru TA 2017-2018 - UNIKA De La Salle Manado Menerima Mahasiswa Baru TA 2017-2018 - UNIKA De La Salle Manado Menerima Mahasiswa Baru TA 2017-2018 - UNIKA De La Salle Manado Menerima Mahasiswa Baru TA 2017-2018 - UNIKA De La Salle Manado Menerima Mahasiswa Baru TA 2017-2018 - UNIKA De La Salle Manado Menerima Mahasiswa Baru TA 2017-2018

Kegiatan Kontes Robot SMA/SMK Sekota Manado Dalam Rangka Dies Natalis Fakultas Teknik ke 17

2017-08-31 07:34:16 - Posted by admin - Hits : 156 Kegiatan Kontes Robot SMA/SMK Sekota Manado Dalam Rangka Dies Natalis Fakultas Teknik ke 17

Dalam rangka DIES NATALIS FAKULTAS TEKNIK yang ke 17, kami selaku UKM robotika De La Salle manado bekerja sama dengan panitia DIES NATALIS FAKULTAS TEKNIK telah berhasil mengadakan kontes tobot tingkat SMA/SMK se- kota manado. Adapun tema kontes robot ini yaitu “save and rescue mission” dimana tema ini merupakan kejadian nyata yang sering kita alami terutama di wilayah Sulawesi Utara khususnya kota Manado yang mana belakangan ini jika terjadi hujan lebat yang tak kunjung berhenti maka akan terjadi banjir  dimana proses evakuasi memiliki prosedur standard seperti melakukan penyelamatan terhadap korban banjir tersebut. Kami menggunakan boneka sebagai korban banjir, dan mobile robot sebagai penyelamat boneka tersebut.

Kegiatan ini merupakan suatu bentuk pengabdian kami kepada masyarakat khususnya di kalangan siswa - siswi SMA/SMK se- kota manado.  Tujuan diadakan kegiatan ini yaitu untuk memajukan teknologi dibidang robotika dan pengembangannya di Sulawesi Utara dengan harapan kompetisi ini dapat berkesinambungan dan berjalan secara periodik nantinya. Selain itu untuk siswa-siswi dapat meningkatkan kompetensi dan kemampuan dibidang robot baik secara teoritis maupun aplikasinya. Dengan adanya kompetisi ini pun dapat memperkenalkan divisi dan bidang minat robotika yang ada di Fakultas Teknik Universitas Katolik De La Salle Manado.

Adapun tahap - tahap kegiatan yang telah diadakan yaitu:

1.  Mengadakan sosialisasi                      : 22 Mei - 9 Juni 2017 di SMA/SMK Se-Kota Manado

2. Memberikan pembimbingan/training    : 12 Juni - 9 Agustus di masing - masing sekolah dan Laboratorium Fisika Unika De La Salle Manado

3. Technical Meeting                               : 10 Agustus 2017 di Unika De La Salle Manado (Auditorium)

4. Penyisihan                                         : 15 Agustus 2017 di Sporthall Unika De La Salle Manado

5. Grand Final                                        : 16 Agustus 2017 di Sporthall Unika De La Salle Manado

Kegiatan ini diikuti oleh 7 sekolah antara lain, SMA negeri 7 manado dengan mengutus 1 tim, SMA negeri 8 manado mengutus 2 tim, SMA negeri 9 manado mengutus 2 tim, SMA/SMK prisma manado mengutus 1 tim, SMA tri dharma manado mengutus 1 tim, SMA negeri 1 manado mengutus 2 tim, dan SMA katolik St. Ignatius manado mengutus 1 tim. Total tim yang mengikuti kegiatan ini yaitu 10 tim. Tujuh sekolah atau 10 tim tersebut berhasil dibimbing oleh dosen pembina UKM robotika De La Salle manado beserta anggota - anggotanya dalam merancang dan merakit mobile robot sampai selesai. Proses perancangan dimulai dari mendesain mekanik robot, merakit rangkaian elektronikanya, dan merancang pemrograman dari mobile robot.

Pada tahap kompetisi, kami menggunakan sistem setengah kompetisi. Dimana tim - tim dari sekolah tersebut dibagi menjadi 2 grup dengan masing - masing grup terdiri dari 5 tim. Dari masing - masing grup diambil 4 tim yang lolos atau berhasil mengumpulkan poin. Dilanjutkan dengan babak semi final, perebutan juara 3, dan terakhir untuk juara 1 dan 2. Adapun garis besar jalannya pertandingan, kedua tim akan menjalankan masing - masing robot manual saling balapan untuk melewati labirin dan menujul titik akhir atau goal (menekan tombol). Dilanjutkan dengan robot manual kedua, masing- masing robot dari kedua tim menuju ke tempat evakuasi untuk   menyelamatkan boneka ke pos evakuasi yang telah ditentukan. 

Tim pemenang dalam kontes robot sebagai berikut:

1. Juara 1 adalah tim dari SMA negeri 9 manado

2. Juara 2 adalah tim dari SMA negeri 8 manado

3. Juara 3 adalah tim dari SMA negeri 1 manado

4. Best design robot adalah tim dari SMA negeri 7 manado

Harapan kami semoga dengan kegiatan ini kita bisa meningkatkan kualitas sumber daya manusia baik sebgai mahasiswa/i dan siswa/i serta guru dalam bidang teknologi robotika yang mampu berdaya saing.

best design robot SMA N 7




Related News :
Comment