Proudly Lasallian
UNIKA De La Salle Manado Menerima Mahasiswa Baru TA 2017-2018 - UNIKA De La Salle Manado Menerima Mahasiswa Baru TA 2017-2018 - UNIKA De La Salle Manado Menerima Mahasiswa Baru TA 2017-2018 - UNIKA De La Salle Manado Menerima Mahasiswa Baru TA 2017-2018 - UNIKA De La Salle Manado Menerima Mahasiswa Baru TA 2017-2018 - UNIKA De La Salle Manado Menerima Mahasiswa Baru TA 2017-2018

Fakultas Teknik Jadi Pemekalah di Seminar Ritektra ke -VII 201

2017-08-08 09:46:24 - Posted by admin - Hits : 224 Fakultas Teknik Jadi Pemekalah di Seminar Ritektra ke -VII 201

Pada saat ini di Indonesia pembangunan dihadapkan pada berbagai tantangan yang semakin kompleks baik dari sisi makro maupun mikro. Pembangunan berkelanjutan yaitu dengan mengintegrasikan semua pembangunan, sehingga dapat saling memperkuat satu dengan lainnya, serta menyeimbangkan antara target pertumbuhan ekonomi untuk memecahkan masalah sosial - ekonomi masa kini dengan resiko penurunan kualitas lingkungan jangka panjang dalam pelaksanaannya. Peran dari rekayasawan (engineers) sangat diperlukan sejak tahan kajian kelayakan, desain, eksekusi lapangan sampai dengan kaji ulang guna mendapatkan metode terbaik. Oleh karena itu, diperlukan forum untuk bertukar pikiran dan berinteraksi antara akademisi, peneliti, pemerintah, dan praktisi tentang hasil penelitian yang telah dilakukan. Untuk mendorong terjalinnya jaringan komunikasi kerjasama antar universitas yang tergabung dalam Asosiasi Perguruan Tinggi Katolik (APTIK), maka diselenggarakan kegiatan Seminar Nasional Riset Dan Teknologi Terapan (RITEKTRA) VII - 2017, dengan tema “Penerapan Ipteks Dalam Mendukung Pembangunan Yang Berkelanjutan”. Kegiatan ini diadakan di Kupang, 2-4 Agustus 2017. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Universitas Katolik Widya Mandira (UNWIRA). Seminar ini tidak hanya diikuti oleh para akademisi dan peneliti dari Universitas Katolik, namun juga dari beberapa Universitas Swasta maupun Negeri lainnya.

Fakultas Teknik Universitas Katolik De La Salle Manado berkontribusi sebagai pemakalah, dimana Lianly Rompis (Program Studi Teknik Elektro) mempresentasikan makalah “Penggunaan Pasta Gigi sebagai Bahan Alternatif untuk Suvenir atau Pewangi Lemari”,  dan Apriandy Angdresey (Program Studi Teknik Informatika) mempresentasikan makalahnya dengan judul “Prediksi Kemacetan Lalu Lintas Menggunakan Graph Methods”.  Seminar ini dibuka oleh Rektor UNWIRA Kupang dan Gubenur Nusa Tenggara Timur, serta dihadiri juga oleh Walikota Kupang dan Staff Ahli Menteri Republik Indonesia.

Seminar ini menghadirkan keynote speakers yang ahli dibidangnya yaitu Prof. Richardus Eko Indrajit yang merupakan Pakar sekaligus Praktisi Informatika ; Prof. Ir. Hadi Sutanto, M.M.A.E., Ph.D dari Universitas Katolik Indonesia Atmajaya Jakarta ; Prof. Dr. Djiwantoro Hardjito dari Universitas Kristen Petra Surabaya ; dan Suryadi Ismadji, Ph.D dari Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Selain itu, dalam seminar ini juga diberikan penghargaan kepada tokoh pejuang lingkungan hidup sang penebar mangrove pesisir utara Sikka, yakni Bapak Victor Emanuel Rayon atau yang akrab disapa Baba Akong, seorang yang menanam lebih dari 23 hektar hutan bakau untuk mencegah tsunami yang telah dilakukannya sejak tahun 1992 di Flores, NTT.

perwakilan fakultas teknik




Related News :
Comment